Sabtu, 27 Mei 2017

Tutorial Laravel error source code

Hay hay sahabat goshare, pada tutorial kali ini saya akan membagi / sharing tentang web framework laravel yang di dalamnya memuat source code errornya kemudian memperbaiki coding yang error terus menampilkan tampilan upload image serta edit upload imagenya.

Oke langsung saja, cukup basa basinya nanti yang ada tutorial ini malah jadi basi. Pertama, saya akan memberikan bukti errornya



Pada gambar di atas, bahwasanya undefined variable pada submitButton yang tertera pada coding yang terletak di form.blade.php


Untuk memperbaikinya, saya punya cara sendiri untuk menghilangkan error source code pada aplikasi laravel tersebut. Saya mengubah source code pada file KaryawanController.php dari yang seperti ini

lalu saya mengubahnya menjadi seperti ini


Sehingga berhasil muncul form dan tidak terjadi error

Kemudian jika button Tambah Karyawan di klik, maka akan muncul form seperti gambar dibawah ini

Form di atas mempunyai source code seperti ini

Pada form tambah karyawan yang sudah ditampilkan pada gambar di atas, masih belum ada button untuk upload image. Lantas saya terfikirkan untuk browsing mencari referensi untuk upload image pada laravel versi 5.4, akhirnya saya menemukan website yang menjadi referensi saya untuk menambahkan upload image untuk aplikasi laravel tersebut. Untuk penambahan source code upload imagenya adanya terjadi perubahan pada file form.blade.php dan routesnya yaitu file web.php berikut gambarnya

Kemudian perubahan terjadi pada file routes yang bernama web.php berikut gambarnya

Dan sekarang lihat, apa yang telah terjadi pada form tambah karyawan

Kita bisa membedakan bahwa form tambah karyawan yang pertama belum adanya fitur button untuk upload image dan perubahan terjadi pada form tambah karyawan yang kedua yang telah ditambahkan fitur upload imagenya.
Pada tutorial yang sedang saya bahas ini, bahwasanya ada penambahan pada controllernya. Sebelum memberi source code pada file controllernya, alangkah baiknya kita membuat file controllernya pada command promp / gitbash, saya kebetulan menggunakan gitbash sebagai command prompnya kemudian ketikkan perintah php artisan make:controller ImageController.

 
Penamaan filenya terserah anda, pada tutorial kali ini saya menamakannya ImageController berikut gambarnya

Setelah file berhasil dibuat, maka cek dulu filenya jika sudah ada berarti berhasil. File ImageController terletak pada direktori App\Http\Controller\ berikut gambarnya





Setelah itu kita buka file ImageController.php dan tambahkan source code dibawah ini


Selesai untuk penambahan filenya dan untuk menampilkan form Tambah Karyawannya. Sekian dulu tutorial yang sudah saya share pada kali ini, sampai jumpa pada tutorial berikutnya. GoShare GoShare!! Terimakasih.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Go Share | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com